Tafsir Isyari Amali Praktis Surat Al-Baqarah, Ayat 1 - 7 - Fungsi dan Manusia-Manusia Penerimanya

Posted at  05.44  |  in  ulul albab



Tafsir Isyari Amali Praktis
Surat Al-Baqarah,  Ayat  1 - 7.   Ruku’  I
Tentang Kitab Suci Al-Qur’an,
“Fungsi dan Manusia-Manusia Penerimanya”.
Redaksi Ayat:
الم ﴿١﴾ ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ ﴿٢﴾ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ ﴿٣﴾ والَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ وَبِالآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ ﴿٤﴾ أُوْلَـئِكَ عَلَى هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ ﴿٥﴾ إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُواْ سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لاَ يُؤْمِنُونَ ﴿٦﴾ خَتَمَ اللّهُ عَلَى قُلُوبِهمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ وَعَلَى أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ عظِيمٌ ﴿٧﴾
Sekilas Tentang Surat Al-Baqarah
(Termasuk Surat Madaniyah, kecuali ayat 281, Turun di Mina Wilayah Makkah Pada  Waktu Hajji Wada’. Terdiri  dari 286 ayat dan 40 ruku’ ).

Surat al-baqarah adalah surat pertama dalam al-qur’an setelah pembukaan (al-fatihah), termasuk surat yang paling panjang (286  ayatdan 40 ruku’).  Surat ini termasuk surat madaniyah, dalam arti kebanyakan ayat-ayatnya turun setelah Nabi tinggal di Madinah, kecuali ayat 281, turun di Mina ketika waktu hajji wada’.
 Al-Baqarah artinya sapi betina ,gambaran perwakilan binatang jinak (bahimah). Karena al-qur’anadalahkalamullah yang jugadapatdikatakansebagaitajalliyatullah (bayanganAlla), yang samadenganalamsemesta (makrokosmos), danjugasamadenganmanusia (mikrokosmos). Makasuratinisekaligusmerupakancerminandarimanusia yang kebanyakanberjiwakebinatangjinakan (bahimiyah), yang orientasihidupnya materialistic (hartabenda, makanan,minuman,santaidansek). Isyarat yang dapatkitatangkapketikamembacasuratini, kitaharushati-hati,  agarkitatidaktermasukgolongan orang-orang kebanyakan (yang bertabi’at al-baqarah). Sekaligusjanganheranjikamenemukanbanyakmanusiahedunisdan materialistic, karenamemangkebanyakanmanusiasepertiitu.Malasuntukdiajakberibadahdanberjuang.

C.Isyarat-isyaratPentingdanPenjelasanSingkatnya.
Isyaratdariruku’ iniadalahadalahbahwa al-qur’anadalahkitabsuci yang berbahasa Arab yang kebenarannyamutlak, tetapisebagaipetunjuk,  al-qur’anhanyafungsionalbagi orang-orang yang bertaqwadiantara orang-oranng  yang beriman. Bagi orang yang berimantetapitidakbertaqwa,maka al-qur’antidakberfungsi, apalagibagi orang yang kafirmaupunmunafiq (yang seringmengecohdalamkehidupanbermasyarakat).
Ayat;1
الم
. AlifLaamMiim.
Isyaratpentingdariayatiniadalah al-qur’anadalahkitabsuci yang berbahasa Arab, umatislamdansiapasaja yang inginmenggalikhazanahilmudanjalanhidup yang lurusharusmengkajibahasa Arab, karena al-qur’ansebagaikitabsuciumatislamadalahberbahasaarab, menggunakankaidahdanfilsafatbahasaarab.
Ayat; 2
ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ

Kitab (Al Qur'an) initidakadakeraguanpadanya; petunjukbagimereka yang bertakwa,
Isyaratdariayatiniadalahumatislamharusyakinbahwa al-qur’andanapasaja yang ada di dalamnyapastibenar, danakanmengarahkan orang yang konsistendalammemeganginyakedalamkebahagiaan yang hakiki.  Al-qur’an yang aslidanazali (di dalamhardisc Allah ataulauhilmahfudh), pastibenarnya. Kalaukitatemukankesalahanituadalahkesalahankita,penulisataupenafsir.
Ayat;3
الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ
(yaitu) mereka yang berimankepada yang ghaib, yang mendirikanshalatdanmenafkahkansebahagianrezki yang Kami anugerahkankepadamereka,
Isyaratdariayatiniadalahlaranganuntukberfaham materialistic- ateistik, tidakmauataumalassolat, danbakhil. Materialistik-ateistikdalamartiberpandangan profane danmelupakanbahwa “yang ada” bukanhanyasesuatu yang dapatditangkapolehpancaindrakitasaja, tetapijauhlebihbanyaklagisesuatu yang berada di alammetafisika.Orang yang memahamidanmenta’atiisyarat-isyarat  Allah itu yang dapatmenjadikan al-qur’ansebagaipetunjukdalamhidupnya. 
Ayat; 4

والَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ وَبِالآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ
“danmereka yang berimankepadaKitab (Al Qur'an) yang telahditurunkankepadamudanKitab-kitab yang telahditurunkansebelummu, sertamerekayakinakanadanya (kehidupan) akhirat.”
Ayatinimengisyaratkanbahwa, orang yang bertaqwaadalahjugabisajadidarikalanganpemeluk agama lain yang betul-betulyakinterhadapkehidupanakhirat.Sehinggakitatidakbesikapeklusif.
Ayat;5
أُوْلَـئِكَ عَلَى هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
“Merekaitulah yang tetapmendapatpetunjukdariTuhanmereka,danmerekalah orang-orang yangberuntung”.
Isyarat dari ayat di atas agar kita senantiasa megharapkan dan berusaha mendapatkan petunjuk Allah serta berjuang untuk menjadi orang yang sukses. Sukses yang sesungguhnya, yaitu sukses dunia dan akhirat, dengan cara mengamalkna isyarat-isyarat dan isi dari ayat ke 2 dan ke 3, di atas.

Ayat; 6
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُواْ سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لاَ يُؤْمِنُونَ
“Sesungguhnya orang-orang kafir, samasajabagimereka, kamuberiperingatanatautidakkamuberiperingatan, merekatidakakanberiman”
Isyaratdariayatiniadalahkitatidakbolehsampai stress memikirkan orang yang memangtidakpercayapadakita, yang pentingkitasudahmemberidanmenyampaikanperingatankepadamereka. Juga jangan sampai kita menjadi orang kafir atau bersikap seperti orang kafir yang dungu itu.

Ayat; 7
خَتَمَ اللّهُ عَلَى قُلُوبِهمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ وَعَلَى أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ عظِيمٌ
“ Allahtelahmengunci-matihatidanpendengaranmereka, danpenglihatanmerekaditutup. Dan bagimerekasiksa yang amatberat”
Isyaratayatiniadalah agar Kita tidakbolehheranatassikap orang kafirterhadapperingatankita, karenamemanghati, pendengarandanpenglihatanmerekatelahditutuprapatoleh Allah. merekatelahdiskenariooleh Allah sebagaipenerimaadzab yang besar, karenasikapmereka yang dlolim.

Bagikan Posting ini

Tentang Kami

Pesantren Terpadu yang didirikan oleh Yayasan Pondok Pesantren Daru Ulil Albab. Insya Allah siap mengemban amanat anda. Untuk menjadikan putra-putri anda pemimpin bangsa, / ulama’/ cendikiawan / konglomerat yg bertaqwa kepada Allah, dan berakhlak mulia Facebook

0 komentar:

Tentang Kami-Pendaftaran-Contact
Copyright © 2013 Pondok Pesantren - DARU ULIL ALBAB. Blogger Template by BloggerTheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top