Kajian Nilai-nilai Al Quran - Pendidikan Karakter dalam Ayat ke 4 Surat Al Fatihah

Posted at  05.26  |  in  مالك يوم الدين


مالك يوم الدين.
Ayat yang ke-4 dalam surat al-Fatehah adalahمالك يوم الد ين Maalikiyaumiddiin , yang artinya raja hari agama,  atau yang merajai hari agama, kenapa disebut hari agama? Karena hari itu merupakan hari di mana cerita-cerita  agama dan ajaran agama betul-betul terlaksana, misalnya, agama menyatakan bahwa barang siapa saja yang berbuat baik nanti akan melihatnya (balasan), dan barang siapa yang berbuat buruk nanti juga akan melihatnya (balasan) walaupun seberat dzarrohفمن يعمل مثقال ذرة خيرا يراه ومن يعمل مثقال ذرة شرا يراه"” semuanya akan dibalas oleh Allah SWT  dan semua juga akan terbukti pada hari itu, itulah mengapa disebut hari agama.
            Para ulama’ sepakat disebut denganيوم الدينyaumuddiin atau biasa kita kenal dengan يوم الاخيرyaumul akhir (hari akhir ) ending segala sesuatu, hasil dari segala sesuatu, pembalasan dari segala sesuatu terkadang juga disebut denganيوم الجزاء yaumul jaza’ (hari pembalasan), ada yang menyebutnyaيوم الحساب yaumul hisab (hari perhitungan) dan ada yang menyebutnyaيوم القيامة yaumul qiyamah (hari kebangkitan) hari berdirinya semua didirikan sehingga pada hari itu rajanya adalah Allah SWT, dan semua kita akan mengalaminya baik hari itu nanti adalah hari akhir setelah kematian kita, ataupun hari itu menjelang hari kematian kita, atau pada saat itu terakhir di waktu kita mendapatkan yang dijanjikan oleh Allah swt, atau hari yang kita cita-citakan terwujud, itulah hari agama di mana janji-janji agama akan terlaksanakan.
Karakter Taqwallah (Patuh dan Ta’at Kepada Allah)
            Allah SWT adalah maalikiyaumiddin  rajanya hari agama, raja hari kiamat, raja di akhirot, raja hari pembalasan. Sehingga akhlak apa yang harus kita pakai dalam hal ini? Yaitu adalah taqwa imtitsal ‘awairillah wajtinabi nawahihii (melaksanakan perintahnya Allah SWT dan menjauhi larangannya Allah SWT) dengan baik, karena walaupun Allah SWT sekarang belum menghukum, tetapi ingatlah di hari agama nanti Allah SWT yang akan menghukum, walaupun kita sekarang belum mendapat upah, ingat bahwa nanti pada hari agama Allah SWT menjadi rajanya, dan pasti kita akan diberi upah, dibayar lengkap. Kondisi apapun yang penting sekarang adalah kita ta’at dengan sebenar-benarnya dan sebaik-baiknya, kita harus bertaqwa kepada-Nya, baik kita sadari ataupun tidak kita sadari, kita lihat ataupun tidak kita lihat, bersama dengan orang banyak ataupun sendiri, kita harus tetap bertaqwa kepada Allah SWT.
            Sebagai makhluk dan sebagai hamba, kita harus selalu ingat bahwa Allah SWT adalah raja, rajanya yang maha raja dari semua raja yang ada di hari agama. Sekarang kebanyakan orang tidak percaya dengan adanya hari agama, tetapi ingatlah setiap detik setiap menit kita menuju hari agama itu, apa saja yang disebut oleh  agama, dari waktu ke waktu itu akan terus semakin terbukti, seperti tehnologi semuanya mulai mengarah kepada membenarkan hari agama itu yang mana pasti adanya, maka kita harus betul-betul takut kepada yang maha raja  Allah SWT di mana nanti akan dibalas semua kebaikan dan kenurukan kita.
Kita harus Bersikap Futuristik (mementingkan masa Depan)dan bercita-cita tinggi.
            Selanjutnya, yang paling penting aplikasinya ayat tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari,  adalah supaya kita bercita-cita dan berusaha menjadi raja, kalian semua diciptakan sebagai kholifatullah (wakilnya Allah SWT) yang menjadi raja di muka bumi ini, maka kita harus menjadi raja. Bercita-citalah menjadi seorang raja, kalau tidak menjadi raja maka pilihannya adalah menjadi budak atau hamba, oleh karena itu kalau kalian tidak ingin menjadi hamba atau budak, maka kalian harus menjadi raja, semua juga begitu, kalau ada tuhan pastilah semua akan menjadi makhluk, kalau tidak ada makhluk semua akan menjadi tuhan. Besar kecilnya kerajaan itu sesuai dengan dua hal ini; yang pertama adalah wadah kita yang kedua perjuangan kita, maka jika kalian ingin menjadi raja yang besar berjuanglah yang keras, siapkan diri kalian mulai sedini mungkin untuk menjadi raja yang hebat.
Macam-macam raja itu banyak sekali,dan kita bisa menjadi raja dalam bidang apa saja,karena yang maha raja adalah Allah SWT, misalkan raja komputer, maka ia mempunyai komputer di seluruh dunia, pelajarilah bagaimana raja komputer itu bisa jaya, baca biografinya Billgiet (Sang Raja Komputer),bagaimana dia bisa menjadi raja komputer, di mana setiap rumah ada produknya dia. Semua siswa-santri SMK Ulul Albab sekarang kalian mempunyai kesempatan untuk menjadi raja komputer,  dan kalian boleh juga menjadi raja uang,  yang semua uang itu lewat di bank nomor rekening kalian.
Kalian semua berhak menjadi raja, ada raja ilmu juga dalam bidangnya masing-masing, silahkan yang mau menekuni bidang pertanian bisa menjadi raja terong, atau raja biting juga tidak apa-apa,  yaitu raja ‘biting’ se Indonesia karena di sini banyak bambu.Coba mungkin bisa dibuat tusuk gigi,dan sebagainya. Kenyataannya sekarang raja nya adalah orang lain,bukan kita,  kenapa? Padahal mereka tidak mempunyai ‘barongan’ seperti kita, kita punya sawah banyak, tapi yang mengusai cabai adalah Cilli,bukan kita, sepertinya orang china,  itu adalah pabrik cabai  yang merajai pasar di seluruh Indonesia.
Diantara kalian yang masih mempunyai mental sehat dan kuat pasti akan menjadi raja, jangan takut kehilangan kerajaan, atau takut tidak kebagian kerajaan,  karena di bidang apapun kalian bisa menjadi raja,walaupun tidak terlalu pandai mengaji,  pokonya yang penting kalian menjadi raja pada hari nanti (yaumuddin) , di mana hari itu dijanjikan oleh agama Manjadda wajadda (siapa yang sungguh-sungguh pasti dapat), di hari itu kalian akan dapat kekuasaan dan itulah hari agama untuk kalian. Akhlak yangharus kita miliki adalah sabar dan futuristik,(berorientasi ke depan), masa depan kalian itulah yaumuddin, kalian harus jadi raja pada saat itudan sekaranglah kesempatannya untuk bekerja keras, fokus, mengasah kemampuan seperti juga Rosulullah saw beliau adalah rajanya dunia akhirat. Bagaimana perjuangan Rosulullah saw untuk menggapai kekuasaannya, beliaulah raja yang paling sempurnakemikmatannya, semua jabatan tertinggi ada pada rosulullah saw.
 walaupun penampilan beliau tidak seperti raja, (beliau tidak memakai mahkota raja dan hanya menggunakan surban biasa), Rosulullah tidak menggunakan istana mewah melainkan istananya hanya galar biasa, tetapi kekuasannya beliau, apapun perkataan beliau, itulah yang diturut atau dianaut oleh sahabatnya dan seluruh pengikutnya pada hari agama, dan rosulullah saw mendapatkannya semua kenikmatan dan kepuasan.
Perjuangan rosulullah saw juga harus kita baca, bukan hanya hasilnya saja, bagaimana sekarang Billgiet juga sukses itu membutuhkan perjuangan yang keras untuk menjadi raja komputer, silahkan membaca biografi raja siapa saja, baik raja politik atau raja ekonomi, atau raja keilmuan dan lain sebagainya. Oleh karena itu pada sa’at 20 tahun yang akan datang kalian harus siap untuk menjadi raja. Tidak ada raja yang tidak sakti, sehingga kalian harus berlatih yang sehebat-hebatnya dan tidak boleh main-main, karena hidup kalian ini ditugasi oleh Allah SWT untuk menjadi raja, menjadi kholifatullah fil ard(raja perwakilan Allah di muka bumi),  kebesaran kekuasaan kalian nanti akan sesuai dengan perjuangan dan potensi kalian masing-masing.
Setiap raja sejak semula sudah dikondisikan sedemikian rupa oleh yang mencetaknya, jadi kalian tidak boleh hanya main-main saja. Kalian tahu raja tawon yang namanya ratu, karena dia adalah betina dan dialah yang menelurkan semua tawon di kerajaannya, ratu tawon itu sejak kecil sudah dipersiapkan, baik tempatnya maupun  makanannya. Calon  raja tawon sejak kelahirannya, makanannya sudah dibedakan, kalau yang lain itu makanannya madu tetapi calon  ratu tawon makannannya royyal jelly. Jadi jika kalian ingin menjadi raja makannannya juga harus berbeda dengan yang lain. jangan semuanya dimakan, calon raja makanannya harus yang halal dan yang baik-baik saja. Kalau raja  tidak pernah puasa, tidak pernah ngrowot ,  maka hasilnya nanti akan menjadi  raja yang kecil yaitu raja rumah tangga saja.Maka siapkan diri kalian untuk menjadi raja yang besar.
Begitu juga dengan Ulul Albab ini, ini juga adalah sebuah kerajaan yang memang baru dan rajanya ini belum begitu sempurna, dan nanti pada hari yang dijanjikan (yaumuddin) hari yang sudah dijanjikan Allah SWT pasti akan menjadi besar dan sempurna. Dan kalian harus lebih besar lagi,  karena kalian dibimbing, disiapkan untuk menjadi seorang raja dengan menggunakan ilmu yang namanya ilmu ta’wilul qur’an . maksudnya adalah makna yang terkandung di balik ayat al-Qur’an, dan itu belum pernah kita dengan dan kita  baca. Karena ulama’ kita kebanyakan tidak menyepakati pemahaman  tersebut. Karena mereka memahami ayat:وما يعلم تأويله الا الله , والراشخون فى العلم....... wamayya’mal takwilahu illallahtitiknya setelah kata Allah, tetapi kita berkeyakinan titiknya bikan di situ, tetapi setelah kata ilmi. orang-orang kurang cermat memehami takwil al-Qur’an hanya Allah padahal sebenarnya juga orang-orang yang mendalam ilmunya juga mengetahui takwil nya al-Qur’an.
Silahkan kalian merancang diri kalian, ingin menjadi raja apa saja asalkan jangan sampai menjadi raja kejahatan, seperti; raja maling, raja copet, raja koruptor na’udzubillahimindzalik. jadilah kalian raja dalam kebaikan, dan yang ke dua jangan sampai dengan cara curang kalian menjadi seorang raja dan mendapatkan kerajaan. Rintis sendiri kerajaan kalian masing-masing mulai sekarang.Jangan curang, menggunakan kerajaan orang lain untuk menjadi raja, na’udzubillahimindzalik. Mumpung masih ada waktu rintislah kerajaan kalian masing-masing.
Mudah-mudahan sukses selalu menyertai kita semua dan mendapatkan ridho Allah SWT.

Bagikan Posting ini

Tentang Kami

Pesantren Terpadu yang didirikan oleh Yayasan Pondok Pesantren Daru Ulil Albab. Insya Allah siap mengemban amanat anda. Untuk menjadikan putra-putri anda pemimpin bangsa, / ulama’/ cendikiawan / konglomerat yg bertaqwa kepada Allah, dan berakhlak mulia Facebook

0 komentar:

Tentang Kami-Pendaftaran-Contact
Copyright © 2013 Pondok Pesantren - DARU ULIL ALBAB. Blogger Template by BloggerTheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top