Lomba Karya Ilmiah Remaja Nasional 2016

Posted at  08.02  |  in  nganjuk

LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA NASIONAL
DALAM RANGKA MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW
                                                                TAHUN 2016                                 
                         
A.           LATAR BELAKANG
Islam adalah agama Rahmatan Lil ‘Alamin artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al-Anbiya’ ayat 107 yang artinya, “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”. Islam melarang manusia berlaku semena-mena terhadap makhluk Allah SWT, lihat sabda Rasulullah SAW sebagaimana yang terdapat dalam Hadist riwayat Al-Imam Al-Hakim, “Siapa yang dengan sewenang-wenang membunuh burung, atau hewan lain yang lebih kecil darinya, maka Allah akan meminta pertanggungjawaban kepadanya”. Burung tersebut mempunyai hak untuk disembelih dan dimakan, bukan dibunuh dan dilempar. Sungguh begitu indahnya Islam itu jika kita memahami kompleksitas ajarannya. Dengan hewan saja tidak boleh sewenang-wenang, apalagi dengan manusia. Bayangkan jika manusia memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam, maka akan sungguh indah dan damainya dunia ini.
Pada tanggal 03 Oktober 2016 ini kita semua memasuki Tahun Baru Hijriyah, Tahun Baru Islam ke-1438 H yang selama ini dianggap sebelah mata oleh para pemeluk Islam khususnya di Indonesia, perayaaan-perayaan Tahun Baru Islam hanya seputar ritual-ritual rutin yang statis kalau tidak mau dikatakan tidak berkembang. Oleh karena itu, kami mengadakan event besar berskala Nasional sebagai upaya pengembangan da’wah serta sarana Li i’lai kalimaatillah wa li nasyri rohmatihi lil ‘alamiin yaitu meninggikan kalimat Allah dan meratakan rahmat-Nya untuk alam semesta, sebagai tujuan utama perjuangan kami.
Bersamaan dengan Peringatan Tahun Baru Islam 1438 H, bulan Oktober dikenal sebagai Bulan Bahasa. Disebut demikian, karena pada bulan tersebut terjadi peristiwa Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Dalam peristiwa itu, para pemuda dari berbagai daerah mengikrarkan diri pada satu simpul: Sumpah Pemuda yang berisikan pengakuan Satu Bangsa, Bangsa Indonesia; Satu Tanah Air, Tanah Air Indonesia, dan Satu Bahasa, Bahasa Indonesia. Atas dasar itu, barangkali bulan Oktober dikenal sebagai Bulan Bahasa.
Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki keragaman etnik dan budaya. Salah satu diantaranya adalah keragaman bahasa dan sastra. Keragaman bahasa dan sastra di Indonesia menjadi kekayaan yang tidak ternilai harganya. Peta Bahasa Negara Kesatuan Republik Indonesia telah mengidentifikasi terdapat 442 Bahasa Daerah di Indonesia. Bertolak dari keragaman itu, Bangsa Indonesia menjadi lebih paham akan arti Persatuan.
Bulan Desember Tahun 2016 juga merupakan bulan Maulid yang merupakan hari kelahiran manusia yang paling sempurna sepanjang zaman dan merupakan Nabi satu-satunya yang mampu memberikan syafa’at di Hari Kiamat kelak.
Akhirnya, bercermin dari hal di atas, kiranya momentum Tahun Baru Islam dan Sumpah Pemuda yang didalamnya terdapat Bulan Bahasa,Maulid Nabi SAW tidak boleh dilewatkan begitu saja. Dalam momentum tersebut, kami mengadakan Lomba Karya Ilmiah Remaja 4 Bahasa Tingkat Nasional untuk SMP/MTs, SMA/MA/SMK dengan Tema Besar“Islam Rahmatan Lil ‘Alamiin”. Lomba yang akan dilaksanakan yakni Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dengan 4 Bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Arab, Inggris, dan Bahasa Daerah.
B.            DASAR PEMIKIRAN
1.             Al-Qur’an dan As-Sunnah.
2.             Pancasila dan UUD 1945.
3.             Tujuan Pendidikan Nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya.
4.             Surat Keputusan Yayasan Pondok Pesantren Daru Ulil Albab tentang penyelenggaraan Lomba Karya Ilmiah Remaja 4 Bahasa Tingkat Nasional untuk SMP/MTs, SMA/MA/SMK.
C.           NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah Lomba Karya Ilmiah Remaja 4 Bahasa Tingkat Nasional untuk SMP/MTs, SMA/MA/SMK di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab Kelutan Ngronggot Nganjuk Jawa Timur.
D.           TEMA KEGIATAN
“Islam Rahmatan Lil ‘Alamiin Wujud Karakteristik Muslim Sejati”.
E.            BENTUK KEGIATAN
PETUNJUK TEKNIS LKIR 2016
Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam (Ke 1438) sekaligus PeringatanSumpah Pemuda yang didalamnya ditetapkan menjadi Bulan Bahasa tahun 2016 yakniLomba Karya Ilmiah Remaja 4 Bahasa Tingkat Nasional untukSMP/MTs, SMA/MA/SMK dengan Tema Besar Islam Rahmatan lil ‘Alamiin. Ketentuan Lomba adalah setiap peserta membuat 1 karya ilmiah dengan menggunakan memilih dua bahasa, yaitu BahasaIndonesia dan Bahasa Arab/Bahasa Inggris/Bahasa Daerah.
F.            TUJUAN KEGIATAN
Pelaksanaan Lomba Karya Ilmiah Remaja 4 Bahasa Tingkat Nasional untukSMP/MTs, SMA/MA/SMK dan Perguruan Tinggi  dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam sekaligus PeringatanSumpah Pemuda yang didalamnya ditetapkan menjadi Bulan Bahasa tahun 2016 ini bertujuan:
Pertama, meningkatkan kualitas remaja muslim sebagai pemegang tongkat estafet perjuangan umat Islam Indonesia melalui pemikiran dan pemahaman, sehingga mereka mampu menangkap serta menganalisis permasalahan umat dengan bijak sesuai dengan konteks zamannya (up to date) dan penuh kesadaran akan terus berkembangnya problematika yang muncul.
Kedua, untuk menumbuhkan semangat remaja melalui Peringatan Sumpah Pemuda, melahirkan generasi muda yang kreatif dan terampil dalam berbahasa untuk menyampaikan pesan Islam Rahmatal Lil ‘Alamiin serta cinta terhadap Bahasa Nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu Bahasa Indonesia serta cakap dalam berbahasa Inggris, Bahasa Arab dan serta tidak meninggalkan Bahasa Daerah.
Ketiga, mengenal berbagai macam bahasa daerah Bangsa Indonesia, menghayati dan menghargai Bahasa Daerah sebagai akar Budaya Bangsa serta memahaminya sebagai keanekaragaman yang mempersatukan, “Bhinneka Tunggal Ika”.
G.           WAKTU DAN PELAKSANAAN KEGIATAN
1.        Rangkaian Agenda Lomba Karya Ilmiah Remaja 4 Bahasa Tingkat Nasional untukSMP/MTs, SMA/MA/SMK dan Perguruan Tinggi  yang bertempat di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab, Jalan Sungai Brantas No.25 Kelutan, Ngronggot, Nganjuk, Jawa Timur Telepon 082337959111 wibesite: www.daruulilalbab.comwww.metefisika-center.orgE-mail: yppdaruulilabab@yahoo.comContack Person: DR.R. H.Soetomo: 08128204343, DR. KH. Kharisuddin Aqib, M.Ag, 081335465017, Asrofil Huda,S.Pd.I 081559862199.
2.        Kronologi kegiatan mulai dari pra perlombaan hingga puncaknya sebagai berikut:
·       Tanggal 17 Oktober 2015 peyebaran informasi.
·      Tanggal 05 Agustus –15 November2016pengiriman karya tulis ilmiah secara elektronik melalui email: yppdaruulilalbab@yahoo.comserta karya tulis ilmiah dikirim (berbentuk hard copy 3 bendel) melalui Kantor POS ke alamat: Pondok Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab, Jl Sungai Brantas No.25 Kelutan, Ngronggot, Nganjuk, Jawa Timur. Pengiriman karya ilmiah ditutup tanggal 15 November 2016 (Pukul 00.00 WIB).
·      Tanggal 26 November2016 pengumuman seleksi karya tulis ilmiah yang disetujui melalui website: www.daruulilalbab.com.Pengumuman juga akan dikirimkan ke alamat e-mail peserta yang terseleksi.
·      Hari Sabtu tanggal 10 Desember 2016 pra acara kegiatan Lomba Karya Ilmiah Remaja 4 Bahasa Tingkat Nasional untukSMP/MTs, SMA/MA/SMK , pukul: 13.00 WIB yaitu festival Banjari Se Karisidenan Kediri di Pesantren Terpadu Daru  Ulul Albab.
·      Hari Ahad, tanggal 11Desember 2016,pembukaan LKIR oleh Menteri Pendidikan RI pukul 09.00 WIB sekaligus Studium General.Dilanjutkan pukul 13.00-21.00 WIB pelaksanaan Lomba LKIR Nasional (ORASI dan Persentasi 10 besar) untuk masing-masing kategori, baik SMP/MTs, SMA/MA/SMK  yang dilaksanakan di Aula SMP Islam Ulul Albab.
·      HariSenin, tanggal 12Desember 2016 pengumuman pemenang lomba (Juara I-II-III dan harapan 1,2) Lomba Karya Ilmiah Remaja 4 Bahasa Tingkat Nasional untukSMP/MTs, SMA/MA/SMK , Pukul 19.00 WIB sekaligus puncak acara yaitu penutupan yang akan diisi dengan orasi ilmiah Oleh Prof. Dr. Abd. A’la, M.Ag (Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya).
H.           PELAKSANA KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam dan Peringatan Sumpah Pemuda yang di dalamnya terdapat Bulan Bahasa, dengan susunan kepanitiaan sebagai berikut:
Penasehat                                 :           1.  Prof. Dr. H. Ahmad Syafi’i Ma’arif
                                                               2.  Prof. Dr. Nazaruddin Umar
                                                               3.  Prof. Drs. Sumantri, DIPL., M.Sc., Phd.
                                                               4.  Prof. Jend. Dr. Bambang Widodo Umar
                                                               5.  Gus Bad/K.H. Zubaduzzaman.
Penanggung Jawab                 :           1.  Pembina Yayasan DR. Soetomo Jakarta
2.  Pembina Yayasan Pondok Pesantren Daru
     Ulil Albab
Steering Committee (SC)
1.      Dr. KH. Kharisuddin Aqib, M.Ag
2.    H. Abd. Manan Zakaria, M.M
3.    Mr. Qomar, M.Pd.I
4.    M. Jauhar Fuad, M.Pd.I
5.    Hadi Siswanto, S.T
6.    Ali Shobirin, S.Pd.I
7.    M.Sir Hasanal Kholqi, S.Pd.I
Organizing Committee (OC)
·                Ketua panitia                    :  Asrofil Huda, S.Pd.I
·                Sekertaris                         :  Hamdani Hidayat
·                Bendahara                        :  Nurul Yakin, S.E.I
1.             Koordinator umum :    
·               Rining Nur Hayati, S.Pd.I
2.             Sie Kesekretariatan
a.             Pra Perlombaan
·                Nikmatul Hasanah, S.H.I (Koordinator)
·                M. Nur Fuad
·                Ulfa Windarti, S.E
b.             Pelaksana Hari Perlombaan
·                Binti Lailatul Mufidah, S.Pd.I (Koordinator)
·                Deka Rostriarnie, S.Pd
·                Kholifatun Nadhiroh, S.Pd.I
3.             Sie Acara
·               Siti Halimah, M.Pd.I (Koordinator)
·               Lukman Hakim, S.Pd.I
·               Siti Romelah, S.H.I
4.             Sie HPD (Humas, Publikasi dan Dokumentasi) :
·               Arif Budi Santoso (Koordinator)
·               Candra Adi Nugroho, S.Kom
·               Fathur Rozikin
·               Puji Rahayu
·               Yogi Yunani
5.             Sie Perlengkapan(alat – alat yang digunakan) dan Transportasi:
·               Zainuddin Hasbullah, S.Pd.I (Koordinator)
·               Masruki, S.Pd
·               Pak Rokhim
·               M. Imam Bahrul Ulum 
6.             Sie Konsumsi:
·               Fauzan ‘Adhim (Koordinator)
·               Novi Tukum
·               M. Romadhon
7.             Sie Keamanan
·               Zaki Rosyadi, S.Pd
·               Mas Adib, S.Pd.I

A.           HADIAH
No.
Uraian
Satuan
Jumlah
Total
Rincian Hadiah-Hadiah
1
Juara 1 SMA/MA sederajat
1
10.000.000,00
10.000.000,00
2
Juara 2 SMA/MA sederajat
1
7.000.000,00
7.000.000,00
3
Juara 3 SMA/MA sederajat
1
3.500.000,00
3.500.000,00
4
Juara Harapan 1 dan 2
2
1.500.000,00
3.000.000,00
5
Juara 1 SMP/MTs sederajat
1
7.000.000,00
5.000.000,00
6
Juara 2 SMP/MTs sederajat
1
4.000.000,00
2.500.000,00
7
Juara 3 SMP/MTs sederajat
1
2.000.000,00
1.500.000,00
8
Juara Harapan 1 dan 2
2
1.000.000,00
2.000.000,00
TOTAL
Rp 33.000.000,00
J.             PENUTUP
Demikian proposal yang kami buat sebagai bahan acuan dan kerangka dasar demi terlaksananya kegiatan yang dimaksud, sekaligus menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu/Saudara ( i ) untuk berpartisipasi dalam kegiataan ini. Atas perhatian dan bantuannya kami haturkan terima kasih.
Nganjuk, 11 Oktober 2016
Ketua
Asrofil Huda, S.Pd.I
Sekretaris
Hamdani Hidayat
Mengetahui,
PengasuhPes.TerDaruUlilAlbab
DR. KH. KharisuddinAqib, M.Ag   

Bagikan Posting ini

Tentang Kami

Pesantren Terpadu yang didirikan oleh Yayasan Pondok Pesantren Daru Ulil Albab. Insya Allah siap mengemban amanat anda. Untuk menjadikan putra-putri anda pemimpin bangsa, / ulama’/ cendikiawan / konglomerat yg bertaqwa kepada Allah, dan berakhlak mulia Facebook

0 komentar:

Tentang Kami-Pendaftaran-Contact
Copyright © 2013 Pondok Pesantren - DARU ULIL ALBAB. Blogger Template by BloggerTheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top